Koordinasi Seksi Wasdak Ke Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kota Semarang

By : | On : 18 JULI 2017 | 205 VIEWS

Kegiatan sosialisasi terhadap peraturan perundang-undangan perkarantinaan terus dilakukan oleh Seksi Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, baik terhadap instansi terkait maupun kepada masyarakat.

Seperti kegiatan koordinasi yang dilaksanakan pada hari Kamis, 19 April 2012, di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah di Jl Pahlawan No 16 Semarang, yang merupakan salah satu instansi yang ikut menangani TKI.

 

(Kasi Wasdak, drh. Suwardi sedang memberikan penjelasan perkarantinaan kepada PJTKI)

Seperti diketahui, setelah dibukanya rute penerbangan international Semarang- Singapore PP dan Semarang-Malaysia PP melalui Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang merupakan wilayah kerja BKP Kelas I Semarang, menyebabkan peningkatan frekuensi arus lalu lintas penumpang, barang, muatan dan produk pangan asal tumbuhan maupun hewan.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan petugas karantina pertanian di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang selama bulan Januari – Maret 2012, ditemukan barang bawaan penumpang dari beberapa TKI yang pulang ke Indonesia berupa produk pangan yang merupakan media pembawa HPHK dan OPTK.

(PJTKI yang sedang mengikuti penjelasan tentang perkarantinaan)

Setelah diterima oleh Bapak Ahmad Aziz, SE, M.Si., selaku Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dalam Dan Luar Negeri, drh. Suwardi dipersilakan menyampaikan tentang peraturan perkarantinaan kepada para PJTKI yang pada saat itu sedang ada kegiatan di aula Lt.4 Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah.

Selain berkunjung ke Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah, Seksi Wasdak BKP Kelas I Semarang juga melakukan koordinasi ke Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kota Semarang di Jl. Ki Mangunsarkoro 21 Semarang, yang diterima oleh Dra. Sri Sumiarsi, selaku Kasi Penempatan Tenaga Kerja.

(Kasi Wasdak, drh. Suwardi diterima oleh Dra. Sri Sumiarsi, selaku Kasi Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kota Semarang).

Dalam kesempatan itu, disampaikan bahwa pihak Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kota Semarang siap membantu tugas BKP Kelas I Semarang untuk memberikan sosialiasi kepada asosiasi PJTKI yang ada di Kota Semarang terkait tindakan karantina